Jumat, 13 Oktober 2017

Cara membedakan antara Pleci Jantan&betina

      Burung pleci jika sudah "mriwik" itu bisa dipastikan jantan tetapi jika sudah dirawat lama dan pleci tersebut tidak kunjung "ngriwik" bisa berarti itu adalah pleci betina. Menentukan jenis kelamin jantan atau betina burung pleci memang tidak mudah, hal ini dikarenakan pleci atau kacamata merupakan jenis burung monomorphic (bentuk, warna, dan struktur sama). Bahkan para ahliornitology juga tidak bisa menentukan jika hanya dilihat dari badannya saja. Karena pleci adalah jenis burung monomorphic, jadi jika ingin menentukan jenis kelamin jantan atau betina bisa dilihat dari tingkah laku / prilaku burung dan suaranya saat sedang berkicau. Akan tetapi cara ini juga hanya orang-orang tertentu yang dapat memahaminya, sedangkan untuk yang masih awam atau pemula maka akan sangat sulit. Untuk itu kita akan memberikan beberapa jika dilihat dengan mata seorang pemula.

cara akurat membedakan kelamin pleci

Pleci Jantan

  • Memiliki postur tubuh yang panjang dan agak besar
  • Memiliki lingar putih yang tebal disekitar matanya
  • Bisa dilihat kloaka dengan cara ditiup akan kelihatan menonjol
  • Bila dilihat secara seksama ekor burung pleci jantan membentuk hurup "Y"
Pleci Betina
  • Memiliki postur tubuh agak kecil di banding yang jantan
  • Lingkar putih disekitar matanya tipis
  • Ekor dan paruhnya relatif pendek.
  • Perbedaan ekor burung pleci jantan dan ekor burung pleci betina

    Coba sahabat kicau mania fokus melihat bagian ekor pleci jantan dan ekor pleci betina yang sudah saya kasih lingkaran merah pasti sobat dengan mudah dapat membedakanya, terlihat jelas perbedaan kedua ekor burung pleci tersebut pada pleci betina ekornya cenderung pendek dengan ujung yang datar atau rata sementara ekor pleci jantan lebih panjang dan lancip pada ujungnya.

    Perbedaan kepala burung pleci jantan dan kepala burung pleci betina

    Sekarang sobat kicau mania fokus pada kepala pleci coba amati pasti sobat melihat perbedaannya, kepala kepala burung pleci jantan berbentuk lebih bulan hingga agak sedikit menonjol ke atas sementara kepala burung pleci betina cenderung datar.

    Perbedaan dubur pleci jantan dan pleci betina

    Bagian dubur burung pleci beina lebih sedikit ditumbuhi bulu, sedangkan pada pleci jantan lebih banyak ditumbuhi bulu.
    Dubur pleci jantan menjulang vertikal sedangkan dubur pleci betiba mengarah lurus Horisontal.

     Perbedaan warna bulu pleci jantan dan bulu pleci betina

    Sobat kicau mania pasti bisa dengan mudah melihat perbedaan kepekatan warna pada bulu burung pleci yang ada pada gambar di atas.  Burung pleci jantan warnanya lebih pekat atau jelas, sementara warna bulu pleci betina berwaarna agak kusam.

    Perbedaan Postur burung pleci jantan dan pleci betina


    Sekarang sobat kicau mania perhatikan postur atau bentuk badan kedua burung pleci diatas, terlihat bahwa bentuk badan pleci jantan lebih panjang dan ramping sementara pelci betina cenderung pendek serta bulat, untuk para master pleci hanya dengan melihat postur tubuhh sang pleci saja sudah bisa mengetahui jenis kelaminnya, kalau untuk para pemula sebaiknya perhatikan semua ciri-ciri yang ada di postingan ini, ok kita lanjut ke poin terkhir.....

    perbedaan klep/kacamata pleci jantan dan pleci betina

    Sobat kicau mania terakhir kita akan melihat perbedaan pleci jantan dan betina daari klep atau kacamata yang melingkar di sisi luar mata pleci yang berwarna putih, Klep/kacamata pada pleci Jantan terlihat putus-putus dan hanya tebal di bagian bawah kalau pelci Betina klep atau kacamatanya bulat tebal tanpa putus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar