Rabu, 11 Oktober 2017

Setelan Harian Burung Kacer

      Kalian para pecinta burung, pasti tahu wujud dari burung kacer. Nah, sekarang kami akan menjelaskan secara detail tentang perawatan dan setelan burung kacer... Simak berikut ini !
1
1. Pengembunan
Untuk melakukan pengembunan sebaiknya dilakukan pada pagi buta yaitu sekitar pukul 03.00-05.00 atau 06.00 (kurang disarankan). Cara melakukan pengembunan yang benar anda cukup buka sebagian kerondong atau diangin anginkan selama 5 menit. Setelah itu buka semua kerondong dan biarkan burung menjalani proses pengembunan alami.
2. Mandi
Memandikan burung kacer sebaiknya dilakukan setelah proses pengembunan selesai yaitu sekitar pukul 06.30 paling awal. Untuk memandikannya anda bila melakukan 2 metode yaitu dengan menggunakan semprot atau mandi keramba, silahkan pilih yang sesuai dengan karakter burung anda, hal ini dimaksudkan agar burung tidak luka atau stres ketika dimandikan.
Burung Kacer (commons.wikimedia.org)








3. Penjemuran
Waktu paling baik untuk melakukan penjemuran burung kacer yaitu sekitar pukul 08.00 sd 11.00 pagi. Saat penjemuran sebaiknya burung digantang pada tempat yang tenang dan banyak terkena sinar matahari serta pastikan tidak ada burung lain atau pemangsa disekitar penjemuran burung, hal ini dimaksudkan agar burung tidak mudah stres.
4. Pengumbaran
Pengumbaran memang sangat diperlukan bagi burung kicau selain untuk menstabilkan tingkat birahi, pelepasan burung dalam kandang umbaran juga sangat bermanfaat melatih tingkat stamina burung agar tetap dalam kondisi prima. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengumbatan idealnya 10 menit tapi bisa juga dilakukan dalam waktu yang lebih lama.
5. Makanan
Pakan utama yang diberikan sebaiknya berupa voer atau pur untuk merk silahkan anda pilih sendiri, yang penting burung menyukainnya. Sedangkan untuk masalah pakan EF atau extra food anda bisa menggunakan ulat hongkong, jangkrik, ulat kandang, kroto dan cacing.

Cara memberikan pakan EF berupa jangkrik pada burung kacer yang ingin digacorkan

– Berikan jangkrik yang sudah dibuang kepala dan kakinya dalam porsi yang banyak.
– Tentukan batas maksimalnya misalnya burung kuat makan jangkrik sebanyak 10 ekor.
– Lalu pada keesokan harinya burung baru diberikan 3 ekor jangkri pada pagi dan sore harinya.
– Nah bila burung merasa kekurangan silahkan tambahkan porsi jangkriknya sedikit demi sedikit.
– Waktu yang paling baik memberikan pakan EF yaitu ketika burung mau atau saat penjemura.
Bila anda tidak mau repot silahkan gunakan saja setingan pakan EF berikut ini.
– Senin sampai dengan Jumat berikan 3 ekor jangkrik pada pagi dan sore hari.
– Sabtu dan Minggu Berikan pakan berupa kroto sebanyak 3 sendok teh saja.
6. Krodong
Untuk masalah krodong sebaiknya sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan anda. Bila ditempat anda terdapat banyak jenis burung seperti kacer, kenari, murai batu atau burung ini mau diperlombakan sebaiknya lakukan pengerodongan. Dan bila anda tidak mau melakukan pengerodongan sebaiknya pastikan dulu linkungan sekitar sangkar burung tenang dan bebas dari predator.
Kunci dari semua itu adalah kesabaran dan berdoa agar burung tetap koncer. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar