Sabtu, 14 Oktober 2017

perawatan Lovebird harian dan lomba agar ngekek lantang dan panjang

Perawatan Harian lovebird

Perawatan lovebird harian menurut saya adalah rawatan yang sangat penting. Bagaimana tidak rawatan harian adalah perlakuan kita terhadap lovebird yang akan membentuk mental, kesehatan, dan juga tingkatan gacornya. Burung yang rawatan hariannya baik tentu bisa mengeluarkan potensi terpendam dari burung tersebut dan bisa mengeluarkan performa terbaiknya, ditambah badan burung yang sehat mnjadikan ngekek semakin panjang. Nah pengen tau rawatan harian lovebird yang benar? Disimak yah.
  • Pukul 07.00 pagi  burung diangin-anginkan dulu sebentar diteras 20-30 menit. Selagi burung diangin-anginkan kita bersihkan kandang dari kotoran, ambil makanan cepuk keluar saat akan dimandikan, lalu kita mandikan lovebird, mandi tergantung kebiasaan yah. Bisa dengan cara mandi cepuk atau mandi dengan di semprot.
  • Setelah lovebird mandi lalu kita jemur kurang lebih 45 menit sampai kering, sebelum dijemur pastikan bulu tidak basah kuyub sampai bulu burung kering, biarkanterlebih dahulu di tempat yang teduh agar air turun dulu, baru jemur. Cara ini mencegah bulu menjadi pecah saat sudah kering.
  • Setelah kering lovebird bisa di angin-anginkan di teras dan beri Extra Food berupa jagung atau kangkung segar.
  • Lakukan pemasteran dengan suara lovebird atau bisa dengan suara lovebird kusumo agar ngekeknya bisa panjang.
  • Sekitar pukul 4 sore kerondong lagi dan terus perdengarkan suara masteran. Pemasteran dilakukan dengan volume yang kecil (lirih tapi terdengar).
  • Berikan extra food berupa kangkung, kacang panjang, kecambah, dan jagung. Berikan secara bergantian, perhatikan juga lovebird kita menyukai makanan apa agar kita mudah memberikannya karena tidak semua lovebird suka dengan EF yang kita sediakan.

Perawatan Lovebird Lomba

Perawatan lovebird lomba sebenarnya hanya mengkondisikan saja, karena perawatn harianlah yang sangat berpengaruh, jika rawatan hariannya sudah baik maka bisa dipoles sedikit untuk perawatan lombanya. Untuk lomba burung dipersiapkan stamina dan mentalnya. Untuk melatih stamina bisa dengan rawatan harian diatas. Untuk perawatan mental perlu dilakukan beberapa perawatan berikut :
Perawatan lomba jangka panjang : Perawatan jangka panjang dilakukan jauh-jauh hari sebelum lomba, guna mempersiapkan lovebird agar siap lomba. Sering memindahkan lokasi gantangan lovebird. Jika lovebird anda lovebird lomba maka burung harus dilatih agar terbiasa berpindah-pindah. Tujuannya agar burung tidak drop jika dibawa ketempat lomba. Pindah-pindahkan lokasi gantangan, atau bisa juga iseng latber di berbagai tempat guna melatih mental burung. Gantanga ditempat yang banyak orang lewat sehingga terbiasa jika bertemu dengan manusia.
perawatan-lovebird-menjelang-lomba
Foto dari : https://www.facebook.com/Cecep.Nugraha.Sobandi.21
Advertisement
Perawatan lomba jangka pendek : Jangka pendek dilakukan minimal 7 hari sebelum lomba.
  • Dari H-6 sebelumlomba sebaiknya isolasi lovebird dari lingkungan sekitar. Sendirikan lovebird jangan sampai mendengar atau melihat lovebird lain. (penting)
  • Berikan biji-bijan EF 3 sd 2 hari menjelang lomba, untuk mengecas stamina.
  • Sehari sebelum lomba kurangi waktu penjeuran lovebird, jemur sebentar saja20 menitan.
  • Berikan kangkung yang segar saat memasuki hari perlombaan. Berikan kangkung 1-2 jam sebelum di gantang.


Perawatan lovebird sangat penting karena bisa membentuk mental dan karakter lovebird secara keseluruhan, perawatan lovebird yang disiplin akan menunjang karakter lovebird secara maksimal. Karena walau kita sudah mendapat keturunan trah jawara tidak akan menjamin 100 % anakannya akan jawara juga jika rawatan tidak disiplin dan tidak terus menerus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar